Mencintai Negara Indonesia

Sudahkah kita sebagai warga negara Indonesia memiliki rasa cinta kepada tanah air kita? Kapan terakhir kali kita menyanyikan lagu Indonesia Raya atau Indonesia Pusaka? Atau kah ada rasa ingin untuk ganti kewarganegaraan? Mungkin rasa kecewa itu ada terbersit ataupun sudah mengangga terbuka. Tapi, bukankah semua terjadi atas seijin Yang Kuasa.

.

Ada sebuah video yang di unggah ke youtube. Kepala negara Indonesia yang terdahulu berbicara mengenai bagaimana remaja harus di upayakan memiliki cinta kepada negri sendiri. Hal ini menggelitik bahwasanya nasionalisme perlu di tumbuhkan semenjak kecil.

Semenjak anak - anak ini ada di dalam dunia.

.

Nasionalisme atau rasa cinta terhadap negara harus di berikan role model dan pengarahan. Tidak bisa timbul dengan paksaan. Harus secara natural dari dalam diri anak. Bagaimana caranya?

1. Dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sekarang ini banyak dari kita yang justru lebih fasih berbahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Nah, ini buat sebuah bahan renungan juga, dimana kita tinggal, bahasa tersebut hendaknya juga di kuasai oleh kita. Begitupula dengana anak - anak.


2. Jalan - jalan di Indonesia. Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki banyak destinasi turis mancanegara. Jangan sampai kita sudah ke Tokyo tapi belum menjelajahi Manado. Jangan sampai kita sudah ke Afrika, tapi belum melihat indahnya Raja Ampat. Dengan kita berpelesih di Indonesia, maka kekayaan yang dimiliki akan terpapar dengan sendirinya kepada anak - anak kita. Salah satu tulisan dari Maria Montessori yang menunjukkan bahwa anak - anak perlu mengalami lingkungannya, dekat dengan lingkungannya supaya kelak dapat membantu memecahkan masalah sosial.


3. Bercerita mengenai kebudayaan Indonesia. Bukan kartun dan fantasi. Tapi cerita mengenai beragam budaya dan nama yang ada di Indonesia. Dari foto, gambar yang di print, sempatkan diri duduk dan bercerita kepada anak - anak di rumah dan di sekolah.


4. Ikut dalam pesta rakyat Indonesia. Jangan lewatkan momen - momen penting di Indonesia. Seperti Pemilihan Presiden, Perayaan 17 Agustus, dan lainnya. Ajak anak juga melihat prosesnya.


5. Rasa cinta yang anda miliki terhadap Indonesia akan tertransfer dengan mudahnya kepada anak - anak kita. Karena apa? Karena cinta yang kita miliki hendaknya terpancar dari tutur kata dan sinar mata kita.


6. Bermain permainan tradisional khas Indonesia. Ayoo...siapa yang tau permainan anak Indonesia apa saja? Jadi bukan hanya di text book saja harus hapal apa itu permainan cici nyamuk...atau permainan congklak...tapi betul - betul di bawa dalam keluarga.

.

Singkatnya, rasa cinta dan nasionalisme adalah sebuah percontohan yang perlu dialami terlebih dahulu oleh anak - anak semenjak dini. Kelak, merekalah generasi penerus bangsa. Satu nama, Indonesia.

.

#Montessorihausasia #MHAIndonesia #ChooseMHA #PAUD #PendidikanAnakUsiaDini


7 views

Montessori Haus Asia

0813-1421-2414

Permata Kuningan Building, 9th Floor, Unit 7
Jl. Kuningan Mulia No. 9C, RT.6/RW.1, Guntur, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan,
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920, Indonesia

©2019 by montessorihausasia. Proudly created with Wix.com